KlikSaya.com 'Adsense'nya Indonesia

Jika mendengar nama KlikSaya.com rasanya sudah tidak asing lagi di dunia online Indonesia. Yupps, KlikSaya.com merupakan salah satu program PPC lokal yang turut meramaikan bisnis online di Indonesia, dengan mengelola iklan dari pemasang iklan yang akan diterbitkan oleh penerbit iklan selaku member KlikSaya.com yang juga pemilik web/blog (definisinya benar nggak ya…?? ). Rasanya tidak salah kalau saya bilang KlikSaya.com adalah ‘Adsense’nya Indonesia, karena setelah saya lihat web KlikSaya.com, sistem & prosedurnya hampir sama dengan Google Adsense (biarpun nggak mirip2 amat). Sampai posting ini saya terbitkan, perbedaannya adalah Google Adsense hanya diperuntukkan bagi blog yang berbahasa inggris & KlikSaya khusus yang berbahasa Indonesia.

Biarpun Google Adsense bertaraf internasional, tapi KlikSaya.com juga tidak kalah mutunya, setidaknya di tanah air tercinta ini. Hal itu dibuktikan dengan peningkatan kualitas pelayanannya, baik kepada penerbit iklan (pemilik web atau blog) maupun kepada pemasang iklan. Salah satunya adalah sistem transfer komisi untuk penerbit iklan yang sebelumnya hanya bisa melalui bank BCA dan Mandiri, sekarang transfer komisi bisa dilakukan dengan jaringan ATM bersama (ini ni yang paling vital… komisi ). Selain itu, sistem ‘bayar per unik klik (pay per unique click)’ mencegah terjadinya kecurangan sehingga pemasang iklan merasa aman untuk ‘menginvestasikan’ uangnya di KlikSaya.com.

Komisi penerbit sebesar Rp. 150 – 475 per unik klik iklan, membuat para netter berlomba untuk menjadi member KlikSaya.com, namun tidak semua blogger bisa menjadi member KlikSaya.com untuk kategori penerbit iklan. Itu disebabkan proses seleksinya begitu ketat, dimana pengelola KlikSaya.com akan mereview blog dari calon penerbit iklan sebelum memutuskan layak tidaknya menjadi penerbit iklan. Memang cara penilaian menjadi rahasia pengelola KlikSaya.com, tapi secara umum penilaian kriteria blog yang saya tahu seperti:
  • Blog harus terdapat minimal 10 artikel, asli bin original hasil karya sendiri alias bukan ‘copas’ (copy paste, gitu lohh…).
  • Web/Blog tidak memuat artikel SARA, pornografi, dan mlm. Untuk kategori mlm, kata om David Ciang selaku pengelola KlikSaya, saat ini banyak mlm yang merupakan scam alias penipu sehingga web/blog kategori tersebut tidak diijinkan, dengan pengecualian mlm yang bonafit dan sudah dipercaya seperti Amway, CNI, Tianshi, dll (kok malah promosi mlm…??)
  • Blog harus memiliki minimal 10.000 pageviews per bulan, dengan kata lain blog tersebut harus dikunjungi banyak orang terlebih dahulu.
Dilihat dari beberapa kriteria di atas saja sudah menunjukkan bahwa blog baru seperti punya saya tidak masuk persyaratan alias gagal total (jadi sedih, hikss…). Tapi ini bisa jadi motivasi & tantangan buat para blogger baru, termasuk saya sendiri untuk meningkatkan kualitas blog & jumlah pengunjung blog. Buat teman2 yang mau daftar jadi member KlikSaya & sudah punya blog yang sesuai dengan kriteria, silahkan klik disini. Jika teman2 yang mau daftar tapi bingung caranya, tidak perlu khawatir karena pada web tersebut terdapat panduan bagi penerbit iklan, atau silahkan klik disini (itu sebabnya kenapa di postingan ini saya tidak menulis cara daftarnya, disamping saya sendiri juga bingung, hehe…).

4 komentar:

  1. Saya baru aja menang kontes menulis kliksaya. bisa diliat di sini

    BalasHapus
  2. wkwkwkkwkw. bahlul ente gan... sama nih gan pusing........ wkwkwkkwkkww

    BalasHapus
  3. padahal baru mau ikutan, tapi kayaknya ane juga gak memenuhi syarat tuh T_T

    BalasHapus