Daftar Situs Lokal Penyedia Iklan Baris

Setelah beberapa kali mengalami gangguan teknis, akhirnya saya bisa posting artikel ini. Maklum, kalau browsing di warnet di tempat saya ada beberapa situs yang diblokir oleh admin (padahal bukan situs bokep lho…), itupun belum termasuk kalau networknya lagi lemot. Apalagi hp Nokia ‘N series’ yang biasa saya pakai untuk modem di rumah sudah saya jual untuk perbaikan komputer saya (memang nggak selamanya roda ekonomi kita berjalan mulus ya… jadi sedih). Daripada makin ngelantur mendingan langsung ke isi artikel aja deh.

Dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, semakin banyak pula situs2 yang menyediakan berbagai macam layanan sesuai dengan kategorinya masing2. Salah satunya adalah situs penyedia layanan iklan baris. Situs2 iklan baris menyediakan layanan bagi para netter untuk mengiklankan atau mempromosikan produknya / bisnisnya / blognya agar pengunjung yang membuka situs tersebut dapat melihat iklan yang ditawarkan. Saat ini sudah terdapat ratusan ribu lebih situs iklan baris di dunia maya di seluruh dunia, baik yang berbayar maupun yang gratisan. Tapi saya akan coba bahas sedikit mengenai situs lokal iklan baris.

Di Indonesia jumlah situs penyedia iklan baris gratis sudah mencapai ratusan, bahkan mungkin ribuan. Setiap situs iklan baris memiliki karakter & ketentuan yang berbeda2, walaupun pada prinsipnya adalah menyediakan ruang bagi para netter untuk beriklan. Dari pengalaman yang sudah2, biasanya salah satu perbedaan masing2 situs terdapat pada sarana ‘login member’. Banyak situs lokal penyedia iklan baris yang mewajibkan para pengiklan untuk registrasi terlebih dahulu agar terdaftar menjadi member. Tapi tidak sedikit pula situs iklan baris yang tidak menyediakan sarana registrasi, sehingga mereka bisa langsung promosi iklan tanpa harus register ataupun login terlebih dahulu. Dari satu sisi, dengan adanya sarana login member mungkin diharapkan dapat mengurangi adanya tindakan spam yang dilakukan oleh para netter. Tapi di sisi lain sarana login member membuat proses promosi iklan semakin berbelit2 & makan waktu yang tidak sedikit (apalagi yang online diwarnet kayak saya). Sebaliknya, situs iklan baris yang tidak terdapat sarana login member memudahkan para pengguna untuk mempromosikan iklannya secara langsung tanpa harus melakukan registrasi atau login, sehingga waktu yang digunakan lebih efektif. Hanya saja situs ini lebih rawan terhadap aktivitas spam, walaupun sekarang ini spamming sudah tidak mengenal perbedaan.

Mungkin masih ada beberapa teman yang belum tahu alamat situs2 lokal penyedia iklan baris, jadi saya buatkan daftarnya biar teman2 lebih mudah untuk meng’eksplor’ situs tersebut. Buat teman2 yang mau download daftar situs lokal penyedia layanan iklan baris gratis, silahkan klik disini.

16 komentar:

  1. Iklan disitu efektif ngga ya?
    Btw lam kenal juga...

    BalasHapus
  2. Salam Kenal Mas
    Info yang menarik, boleh tuh kapan2 dicoba :D
    "sorry lama backlink-nya soalnya saya ga ngeh kirain sdh dipasang"
    Harap Maklum & Makasih

    BalasHapus
  3. sudah terpasang link punya boss,..makasih ya kunjungannya

    BalasHapus
  4. hoho... :D

    bisnis men ya,,wkwkw...
    btw linnya udah pasang brur.. makasih dah datang.. kip semangat..:D

    BalasHapus
  5. moetize blog yah, kapan-kapan dicoba dech... hehe,,

    BalasHapus
  6. done!
    sudah link balik
    cek di blogrool blog saya
    thx

    BalasHapus
  7. wah..belum mau ngiklan
    he3x..

    BalasHapus
  8. Kunjungan pertama sob. Nice post. Makasi!

    BalasHapus
  9. thanks mas info iklan barisny, btw ko bnyak bgt yah..., yg paling efektif yang mana...

    BalasHapus
  10. Pasang iklan secara profesional di http://www.iklanbook.com

    BalasHapus
  11. wow, cukup mengispirasi... salam kenal ya..
    http://jasafotografi.com

    BalasHapus