Yahoo Akan Tutup GeoCities

Waktu saya membaca berita di salah satu media cetak, ada satu berita yang sangat menarik perhatian saya, dimana Yahoo akan menutup situs GeoCities. Walaupun belum pasti, tapi situs yang pernah dibeli Yahoo dengan harga 3 miliar dollar AS tahun 1999 ini rencananya akan ditutup pada akhir tahun 2009. Sebagai pecinta Yahoo saya agak kecewa, tapi langkah tersebut memang bukan tanpa alasan. Tujuan penutupan tersebut untuk meningkatkan investasi pada jenis layanan lain, dan tentunya untuk menyelamatkan Yahoo Inc dari ‘kehancuran’ akibat krisis global. Bukan hanya itu saja, layanan Yahoo yang rencananya akan ‘dipangkas’ adalah Yahoo Briefcase, Farechase, My Web, iklan RSS, Yahoo Pets, Yahoo Live & Kickstart.

Krisis global memang tidak memandang status perusahaan, bahkan perusahaan raksasa sekelas Yahoo Inc sekalipun harus rela ‘melepas’ sekitar 1300 karyawannya agar tetap survive di dunia online, demi memenuhi kebutuhan para netter di seluruh dunia. Namun kondisi Yahoo berbanding terbalik dengan Amazon.com, dimana penjualan onlinenya mengalami peningkatan laba 24% dengan pendapatan naik 18%.

Tapi semoga saja Yahoo tetap eksis, khususnya dengan layanan email & YM yang sampai saat ini masih menjadi fitur andalan Yahoo (kalau pakdhe Yahoo sampai tutup kan kasihan Om Google, nggak ada pesaing berat ).

10 komentar:

  1. Kalau aku seh pecinta google.

    BalasHapus
  2. haduh!!!
    semakin pelik saja dunia ini!!!
    semua serba makin ruwet!!!

    BalasHapus
  3. waduh, bahaya neh. file gua di geocities semua :(

    BalasHapus
  4. udah lama account geocities gw gak gw buka nih

    BalasHapus
  5. sama,,, berarti semua file mesti
    di backup dulu neh..
    mana tau tiba2 tutup...
    ya nggak...:D

    BalasHapus