Perjuangan Saya Sebagai NewBie

Sudah hampir 4 bulan berlalu sejak blog ini saya buat, namun masih banyak kekurangan & kesulitan, dari renovasi blog sampai aktivitas blogging, termasuk blogwalking. Harus saya akui, saat ini saya belum bisa fokus terjun ke bisnis online, disamping saya masih online diwarnet dengan waktu terbatas, dana untuk biaya browsing juga terbatas (jadi kangen sama hp N series yang dah aku jual ). Makanya tidak semua artikel di blog saya bertema bisnis online, disamping untuk menghindari kejenuhan saat posting artikel.

Saya kira blogging itu sangat mudah, tapi ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Butuh kemauan, semangat & konsisten untuk mencapai hasil yang maksimal. Namun pengalaman blogging yang paling saya rasakan sebagai seorang blogger pemula alias NewBie adalah saat blogwalking untuk bertukar link (link exchange). Ternyata tidak semua blogger mau bertukar link dengan newbie. Dan menurut penilaian saya ada beberapa alasan mengapa mereka tidak mau tukar link:
  • Blogger menjalankan bisnis online yang memiliki aturan untuk membatasi link blogroll.
  • Blogger sedang tidak online.
  • Blogger sedang sibuk dengan aktivitas lain, seperti sekolah, bekerja, dll.
  • Blogger online diwarnet dengan waktu yang terbatas & tidak sempat tukar link.
  • Blogger hanya mau bertukar link dengan blog yang memiliki traffic tinggi.
  • Blogger gengsi tukar link sama newbie.
  • Dan kawan-kawan.
Saya tidak bermaksud untuk berprasangka buruk terhadap orang lain, walaupun saya cukup sedih jika alasan mereka karena gengsi atau hanya ingin tukar link dengan ‘blog tertentu’ saja (mungkin mereka lupa saat mereka masih newbie ya..?). Namun pada akhirnya itu sudah menjadi hak teman2 blogger untuk memberikan link atau tidak kepada blogger lain termasuk saya. Mungkin jika dalam 1 bulan saya tidak mendapat backlink dari blog yang sudah saya link, maka dengan berat hati link blog tersebut akan saya hapus demi kebaikan bersama.

Namun Tuhan Maha Adil, perjuangan saya selama blogging yang telah menguras waktu, pikiran, biaya & tenaga ternyata tidak sia2. Masih banyak teman2 blogger yang rela berbagi link dengan seorang newbie seperti saya. Terima kasih buat teman2 blogger yang telah bersedia untuk bertukar link dengan saya, bahkan menyempatkan diri untuk mampir di blog saya yang sederhana ini (jadi terharu... ). Bila teman2 yang lain ingin bertukar link dengan saya, silahkan request di menu Kontak, maka dengan senang hati saya akan berbagi link dengan Anda.

Akhirnya, hikmah yang bisa saya ambil adalah seorang blogger bisa sukses & berhasil karena sikap kebersamaan serta solidaritas antar sesama blogger. Go Blogging & Blog Walking...

17 komentar:

  1. Terus berjuang aj coy...
    dengan blogwalking qta akan makin banyak teman n dapat info2 terbaru dari blog yang qta kunjungin yang bisa nambah wawasan khususnya tentang blogger.

    BalasHapus
  2. wah..wah...semangat2...tukar link ma aku aja yah..mari belajar bersama sama.

    BalasHapus
  3. untungnya ak tukeran link ya, jadi ga ngerasa kesindir deh hehehehehe

    BalasHapus
  4. harus tetap semangat mas, ntar kalo udah dpt online income saya yakin rasanya ga bakal percuma & mudah2an hp N-nya bisa balik lg :D

    BalasHapus
  5. hmm, emank kalo bisnis online, ga harus lama online di depan komputer.
    tai kudu tiap hari mantengin blog, dilakukan secara simultan.

    BalasHapus
  6. wah..saya juga merasa masih newbie
    yah..tetep semangat bro

    BalasHapus
  7. Nice Post bro...

    BTW Link kamu udah aku pasang di Blog aku...

    ku tunggu link backnya ya...

    http://skatel-1chezone.blogspot.com

    BalasHapus
  8. apa aku termasuk yang ngga suka tukaran link ya..??? cek dulu yah linknya..?? teng kyu dah mengingatkan.. bagiku, pertukaran link adalah terpenting dalam menjalin persahabatan dan saling berbagi...

    cek di sini linknya ya..??

    BalasHapus
  9. uppsss. sorry bosss...
    ada kesalahan teknis tentang link di atas..
    seharusnya link yang ini. teng kyu..
    heheheheh..

    BalasHapus
  10. Saya juga masih SMP kok,tetep semangat n' salam kenal ya.

    BalasHapus
  11. Bagi saya blog kamu ini sudah lebih dari cukup, dalam 4 bulan sudah banyak yang member koment.Itu berarti banyak yang merespon postingan anda.
    Salah satu untuk menaikkan PR memang adalah dengan bertukar link dan blog walking.Tetaplah semangat

    BalasHapus
  12. Semangat bro.. semua pasti ada hikmahnya.

    Segala cita2 itu ada pengorbanan dan perjuangan..

    lagian ga seru kalo datar2 aja..

    bener kata iklan.. life is never flatttt

    BalasHapus
  13. saLam kenaL mas, saya baru di dunia ini, duLu 2007 sempat bkin blogspot, tp q teLantarkan, kemarin2 pgen aktif lagi maLah dah lupa accountnya. aLhasil skrg ikutan wordpress.com jangan lupa berkunjung ya.. kangen ma temen lama kn? :-D

    BalasHapus
  14. waaah..perjuangan yang mengharukan.oke soob,kita berteman yaa??gue link blog loe okee???

    BalasHapus
  15. ada di friends link yaa???

    BalasHapus