Gabung Di KumpulBlogger.com

Tentunya KumpulBlogger.com sudah tidak asing lagi buat teman2 blogger, bahkan mungkin rasanya kurang mantap kalau blogger Indonesia belum menjadi member KumpulBlogger.com. Tapi bagaimana dengan teman2 blogger kita yang masih pemula dan belum tahu KumpulBlogger.com? Jangan khawatir, saya akan bahas secara singkat apa itu KumpulBlogger.com dan cara daftarnya. Jadi begini ceritanya… KumpulBlogger.com merupakan program online Indonesia yang dapat digunakan para blogger untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan cara menyediakan ruang/tempat pada blognya sebagai tempat iklan dari Advertiser atau pemasang iklan. Blogger akan dapat komisi setiap ada pengunjung internet yang meng-klik iklan (yang ditentukan oleh KumpulBlogger.com) yang terpasang di blognya. Sampai di sini saya yakin teman2 sudah mulai mengerti apa itu KumpulBlogger.com. Kalau masih bingung coba pegangan dulu… Ok, lanjut.

Sebelum mengikuti program ini, tentunya Anda harus punya Weblog alias Blog yang mendukung aktivitas KumpulBlogger seperti Blogger.com (tapi sekarang KumpulBlogger bisa support blog dari Wordpress.com, Multiply.com dan Friendster.com. Wah, Kumpul Blogger.. baik ya ). Jika Anda belum punya blog, silahkan buat blog Anda di Blogger.com, GRATIS…!!

OK, setelah Anda punya blog sendiri dan ingin mengikuti program KumpulBlogger, silahkan ikuti panduan di bawah ini:
  • Silahkan klik KumpulBlogger.com.
  • Setelah web KumpulBlogger muncul, klik Register Now yang berada tepat di bawah tombol ‘Login’.
  • Silahkan masukkan nama email Anda pada kotak di bawah ‘Daftar Baru’, lalu klik Register.
  • Secara otomatis password Anda akan dikirim ke email Anda. Buka email Anda untuk mengetahui password untuk login, lalu silahkan Anda Login dengan menggunakan email dan password tersebut.
  • Selamat, Anda sudah menjadi member KumpulBlogger.com…!!

Eeiitt, tapi ini belum selesai… Sekarang Anda lihat beberapa menu seperti Navigasi, Blogger, dan Advertiser. Di menu Navigasi Anda bisa Edit Profil, lihat Link Referral untuk sarana promosi id Anda ke teman2 Anda, dan akun Logout. Menu Blogger digunakan untuk pemilik blog yang ingin menampilkan iklan di blognya. Sedangkan menu Advertiser digunakan khusus untuk pemasang iklan, atau jika Anda ingin memasang iklan dari produk Anda. Jadi Anda bisa memilih menu Blogger maupun Advertiser sesuai dengan keinginan Anda, namun saya hanya akan membahas menu Blogger saja pada teman2 (kalau semua dibahas panjang postingannya bisa sampai 10 meter ).

Sebelum masuk ke menu Blogger, saya sarankan Anda klik Edit Profil pada Navigasi untuk mengisi data identitas Anda terlebih dahulu (biar nggak lupa…).
Untuk pengguna blog dari Blogger.com, silahkan klik Script Text Advertising Untuk Blog Anda pada menu Blogger untuk memperoleh kode script iklan.


Terdapat pilihan kode untuk blog menurut ukuran iklan, pilih kode yang sesuai dengan ukuran ruang iklan diblog Anda, copy kode tersebut dan paste di HTML blog Anda.


Caranya, setelah script tersebut dicopy, Anda masuk ke Blog Anda lalu klik Layout atau Tata Letak, klik Tambah Gadget lalu pilih account untuk tambah HTML/JavaScript. Paste script tadi, kemudian klik Simpan. Lihat tampilan blog untuk memastikan iklan Anda sudah terpasang.
OK, Selamat mencoba…

4 komentar: